PEMERINTAH KOTA SAMARINDA

Dinas Perdagangan

Gedung Graha Ruhui Rahayu Lt. 1 & 2, Jl. Ir. H. Juanda No. 81 Kode Pos 75124, 0541 - 741259 Fax : 748846

Selasa, 14 November 2017

10:30:12 AM

WEBMAIL    HOTLINE / PENGADUAN    E-PANEL

Wamendag: Kemendag Dorong Ekspor Produk Kreatif dan Digital Indonesia

Berita Nasional    1 tahun yang lalu   
m yusri yusuf    311 Kali

Sumber Foto: https://www.kemendag.go.id/id/pers/wamendag-kemendag-dorong-ekspor-produk-kreatif-dan-digital-indonesia-1

Bandung, 13 September 2020 - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyampaikan, Kementerian Perdagangan akan mendorong pengembangan ekspor produk kreatif dan digital Indonesia. Hal ini disampaikan Jerry saat melakukan kunjungan ke Technopark Cimahi pada Sabtu (12/9) di Bandung, Jawa Barat.

“Technopark Cimahi sudah memiliki potensi penyewa (tenant) binaan yang sudah sangat berkembang dan diharapkan akan memberikan dampak besar terhadap ekspor produk digital Indonesia. Kunjungan ke technopark ini juga sesuai dengan misi Kementerian Perdagangan yaitu mencari peluang potensi ekspor alternatif seperti produk digital, industri kreatif, dan produk berteknologi tinggi,” ujar Jerry.

Jerry menjelaskan, Technopark Cimahi merupakan sebuah kawasan yang digunakan pemangku kepentingan mengembangkan inovasi, kolaborasi, dan inkubasi produk-produk kreatif dan teknologi seperti aplikasi, produk animasi dan film, serta kerajinan.

“Technopark ini dikembangkan sesuai dengan visi Presiden Joko Widodo yang ingin memiliki pusat-pusat teknologi di banyak daerah yang berpotensi melakukan pengembangan produk berdaya saing dan bernilai tambah tinggi. Program ini juga sejalan dengan visi Pemerintah Kota (pemkot) Cimahi untuk selalu mengembangkan potensi sumber daya manusia (SDM) dengan keterbatasan sumber daya alam,” jelasnya.

Menurut Walikota Cimahi, Ajay Muhammad, total wilayah Cimahi hanya sekitar 40 km persegi. Cimahi juga tidak memiliki hutan atau sumber daya alam lainnya. Untuk itu, Pemkot Cimahi mendorong potensi SDM, khususnya generasi muda dengan mengembangkan berbagai produk digital dan kreatif yang hasilnya sudah mulai dipakai. Selain itu, Pemkot Cimahi juga sudah membangun kerja sama dengan berbagai pihak.

Jerry kembali menekankan, saat ini, industri digital Indonesia berada di urutan terdepan di ASEAN. Kementerian Perdagangan melihat potensi digital Indonesia yang akan terus melejit ke depan. Pada 2018, industri digital Indonesia sudah mencapai nilai kurang lebih Rp560 triliun. Nilai ini diperkirakan akan melonjak tahun 2025, khususnya dengan adanya pandemi Covid-19.

“Kementerian Perdagangan akan memfasilitasi para pemangku kepentingan dengan para pengembang digital Indonesia agar industri digital Indonesia semakin berkembang dan bisa menembus mancanegara. Indonesia juga diharapkan tidak hanya menjadi konsumen produk digital, tetapi juga mengambil posisi menjadi produsen,” tutur Jerry.

Sumber : https://www.kemendag.go.id/id/pers/wamendag-kemendag-dorong-ekspor-produk-kreatif-dan-digital-indonesia-1


TINGGALKAN KOMENTAR

Info Harga BAPOKTING! Beras Bengawan Rp. 20.000/Kg Tempat: Pasar Pagi

Pemerintah Kota Samarinda
Dinas Perdagangan


Gedung Graha Ruhui Rahayu Lt. 1 & 2, Jl. Ir. H. Juanda No. 81 Kode Pos 75124, 0541 - 741259 Fax : 748846

Telp: 0541 - 741259
Email: perdagangan.smd@gmail.com
Website: https://disdag.samarindakota.go.id


2021